Tips memilih BB Cushion yang Cocok Untuk Kulitmu

  • October 7, 2021

Kulit setiap orang memiliki jenisnya masing-masing, ada yang berminyak, kering, sensitif, kan sedang bermasalah. Tak hanya itu, warna kulit setiap orang pun berbeda-beda, mulai dari putih, kuning langsat, sawo matang, coklat gelap dan lainnya. Hal-hal ini menjadi pertimbangan dasar dalam memilih baik skincare atau makeup mana yang cocok untuk wajah. 

Tapi kini, tak perlu terlalu pusing dalam mencari riasan wajah yang tepat untuk kulit. Merek-merek makeup telah bersaing untuk memenuhi setiap kebutuhan jenis kulit. Hadirnya K-Beauty (Korean Beauty) juga menjadi tren dalam pengembangan makeup yang lebih bervariasi dan simple, salah satunya dengan BB Cushion. BB Cushion/ BB Cream, CC cream, dan foundation menjadi base makeup yang bisa dipilih.

Lantas dari semuanya itu, manakah yang cocok untuk kulit? berikut tips memilihnya

Apa itu base makeup

Base makeup berperan sebagai kanvas kosong untuk aplikasi riasan. Mereka biasanya memiliki tujuan utama atau manfaat utama menutupi ketidaksempurnaan pada kulit wajah. Mereka dapat membuat warna kulit wajah terlihat rata, tanpa cela, dan beberapa juga diformulasi untuk mengurangi munculnya garis atau bekas luka. 

Idealnya, base makeup akan identik dengan warna kulit alami, sehingga wajah tidak tampak berbeda warna dengan leher atau garis rambut. Beberapa varian lainnya juga dapat menutupi lingkaran hitam di bawah mata, jerawat , bintik-bintik, dan tahi lalat.

Mereka hadir dalam berbagai formulasi, termasuk cair, krim, dan bedak tabur, dan dapat disesuaikan untuk jenis kulit yang berbeda. Memilih riasan foundation yang tepat tergantung pada warna kulit, tekstur, dan tingkat coverage yang diinginkan. 

Base makeup umumnya terdiri dari foundation yang memiliki tingkat coverage tinggi dan terasa sedikit berat di kulit. Produk ini hanya berperan sebagai riasan untuk menutupi noda dan meratakan warna kulit. 

Jenis lainnya adalah BB Cream yang tak hanya berperan sebagai riasan tapi juga sebagai skincare yang mengandung baik pelembab, tabir surya, anti penuaan, vitamin, dan lainnya. BB Cream lebih ringan daripada foundation dan membuat kulit lebih terlihat alami walau memakai riasan. 

Berikutnya ada CC cream atau color correction cream yang memiliki coverage jauh lebih ringan dari BB Cream. CC cream meratakan warna kulit agar tidak terlihat belang dan menyamarkan masalah kulit wajah, entah itu kemerahan, kulit kusam, noda bekas jerawat, noda hitam, dan warna kulit tidak merata.

Apa itu BB Cushion

BB Cushion adalah sebuah base makeup yang disebut juga blemish balm atau beauty balm yang dikemas dalam bentuk cushion. Base makeup BB cair disimpan dalam wadah yang telah ditutupi bantalan (spons) dan dilengkapi dengan aplikator, untuk memakainya kamu bisa menekannya lalu aplikasikan pada wajah dengan cara diketuk-ketuk perlahan hingga rata. Ini adalah inovasi dari K-Beauty yang simple dan ringan. 

BB Cream sendiri diketahui merupakan riasan wajah sekaligus skincare yang bermanfaat tidak hanya untuk riasan wajah, menutupi noda pada wajah, tetapi juga mengandung tabir surya, pelembab, vitamin, anti-penuaan dan kandungan lainnya yang baik bagi kulit. 

BB Cream juga lebih terasa ringan, coveragenya juga sedikit lebih rendah dari foundation dan membuat wajah lebih terlihat natural walaupun memakai makeup untuk menambal sedikit ketidaksempurnaan pada wajah.

BB Cushion yang ringan dan portabel cocok untuk dibawa dan dipakai dalam segala situasi. Beberapa dari mereka juga dapat diisi ulang sehingga lebih ramah lingkungan. Kini banyak merek yang menghadirkan BB Cushion dengan tambahan manfaat lainnya. 

Tips memilih BB Cushion yang cocok untuk kulit

Mengutip dari beberapa sumber, memilih base makeup yang cocok bagi kulit didasarkan pada warna kulit dan jenis kulit. Berikut tips memilih BB Cushion yang cocok untuk jenis kulitmu.

  • Untuk kulit berminyak

Jika kulitmu termasuk dalam jenis kulit berminyak, pilihlah BB Cushion dengan hasil akhir matte alias tidak mengkilap dengan formula bebas minyak atau bisa kamu ganti dengan yang berbahan dasar air. Jika kulitmu sangat berminyak, gunakan yang mengandung kaolin clay untuk membantu menyerap minyak berlebih tanpa mengiritasi kulit.

  • Untuk kulit berjerawat

Jika kamu memiliki kulit berjerawat, formula bebas minyak juga disarankan karena akan membantu menyamarkan kemerahan. Ranella Hirsch, MD, presiden dari American Society of Cosmetic Dermatology & Aesthetic Surgery, menyarankan untuk mencoba base makeup yang mengandung asam salisilat, kandungan tersebut mengeringkan kelenjar penghasil minyak yang menyebabkan jerawat.

  • Untuk kulit kering

Kamu yang memiliki kulit kering, BB Cushion dengan pelembab akan membantu menghidrasi kulitmu. Pilihlah alas bedak berbentuk cair, stick, atau bedak tabur. Bentuk cair dan stick memiliki konsistensi krim (pelembab), dan bubuk hidrasi yang dicampur dengan bahan-bahan yang dapat memberikan kelembapan pada kulit dan menawarkan lebih banyak cakupan daripada bedak padat biasa.

  • Cocokkan dengan warna tubuh

Seringkali kita mengoleskan alas bedak pada tangan kita, cara tersebut sebenarnya sedikit menyesatkan, yang lebih tepat adalah dengan membandingkannya langsung di wajah atau di sepanjang garis rahang untuk membandingkannya dengan warna leher.

  • Gunakan pedoman undertone

Undertone juga dijadikan pedoman dalam memilih BB Cushion. Ada tiga undertone yang menjadi pedoman, yaitu warm, neutral, dan cool. Warm undertone dapat dilihat dengan pembuluh nadi yang berwarna hijau, dan cushion yang cocok adalah dengan sentuhan warna kuning. 

Cool undertone terlihat dari pembuluh nadi warna biru atau ungu, cushion yang cocok untukmu adalah yang memiliki sentuhan warna pink. Neutral undertone adalah kamu yang memiliki pembuluh nadi berwarna campuran antara biru dan hijau, maka cushion yang cocok untuk kamu adalah yang memiliki warna netral, tidak terlalu kuning dan tidak terlalu pink.

  • Hindari formula dengan wewangian dan formula hypoallergenic untuk membantu menghindari iritasi.
  • Pilihlah BB Cushion dengan SPF tinggi untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari
  • Kamu bisa berdiskusi dengan ahli kecantikan untuk memilih BB Cushion yang tepat untuk kulitmu. 
  • Terakhir adalah sesuaikan dengan kenyamanan serta anggaranmu. Tak semua yang terkenal dan mahal atau murah bisa cocok dengan kulitmu. Jadi sesuaikan pula dengan kenyamanan dan kesehatan kulitmu serta kesehatan dompetmu.

Untuk informasi lebih banyak tentang BB Cushion kamu bisa mengunjungi laman SehatQ. Kamu juga bisa menemukan beragam BB Cushion ori dengan promo menarik di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ yang bisa kamu download di App Store atau Play Store.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*