Neurosanbe

Perbedaan Obat Neurosanbe, Neurosanbe Plus, dan Neurosanbe 5000

  • September 21, 2021

Obat-obatan dan suplemen diperlukan bagi tubuh untuk mengobati atau menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan sistem saraf juga penting untuk dijaga. Sistem saraf akan bekerja dengan baik apabilan dalam keadaan sehat dan tidak mengalami gangguan. 

Menjaga kesehatan sistem saraf dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup maupun mengonsumsi suplemen. Memenuhi kebutuhan vitamin atau zat lain bagi sistem saraf tentu amat diperlukan tapi tetap sesuai dengan dosisnya dan disarankan bagi Anda yang memiliki gejala kekurangan vitamin atau nutrisi. Vitamin yang bisa dikonsumsi adalah vitamin neurotropik seperti B1, B6 dan B12. 

Vitamin tersebut dapat Anda temukan salah satunya pada suplemen Neurosanbe. Neurosanbe memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan tujuannya. Berikut perbedaan varian Neurosanbe.

Neurosanbe tablet

Neurosanbe tablet adalah obat bebas yang bisa menjadi pilihan dalam mengobati gangguan pada saraf yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin neutropik. Vitamin ini akan bekerja efektif untuk pembentukkan sel darah marah serta menjaga kesehatan fungsi jaringan saraf. 

Neurosanbe Tablet memiliki khasiat untuk mengobati gangguan pada saraf perifer (neuritis), nyeri pada saraf akibat gangguan pada sinyal saraf (neuralgia), serta gejala nyeri pada tulang belakang. 

Bagi pasien penderita penyakit beri-beri, obat ini pun berguna membantu proses pemulihan.  Manfaat lainnya, Neurosanbe dapat menjadi suplemen bagi pasien anemia defisiensi vitamin B, dan mencegah terjadinya kerusakan pada saraf.

Komposisinya sendiri terdiri dari vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, vitamin B12 200 mcg. Untuk dosisnya diminum sebanyak 1 tablet 1 kali sehari. Anda bisa mengonsumsinya sebelum makan atau bersama dengan makanan.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan seperti gatal-gatal, bentol, bengkak, dan kemerahan, produksi keringat berlebih, mual dan muntah, kelelahan, dan urine berwarna oranye. Untuk itu, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

Umumnya, pasien yang sedang menjalani terapi dengan obat levodopa dan penderita hipersensitif vitamin B tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini. Meski ama untuk ibu hamil, tapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Penggunaan jangka panjang obat akan menyebabkan munculnya sindrom neuropati.

Neurosanbe Plus

Berbeda dengan Neurosanbe tablet, Neurosanbe Plus kaplet adalah obat keras yang harus melampirkan resep dokter agar bisa diperoleh. Obat ini digunakan untuk menjaga kesehatan saraf dan lebih terfokus dalam mengobati berbagai macam nyeri, seperti nyeri otot, neuralgia atau nyeri saraf, nyeri akibat sakit gigi, dan nyeri ringan lainnya.

Kandungan zat aktifnya terdiri dari metampiron atau metamizole, vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B12 (sianokobalamin). Metampiron akan bertugas meredakan inflamasi atau peradangan, dengan gejala seperti nyeri dan pembengkakan serta dapat menurunkan demam. 

Vitamin B kompleks atau neutropik dalam obat akan membantu dalam pengolahan dan penggunaan karbohidrat dengan tepat, proses pertumbuhan dan perkembangan serta pemerliharaan fungsi otak, saraf, dan sel darah.

Komposisinya terdiri dari vitamin B1 50 mg, vitamin B6 100 mg, vitamin B12 100 mcg, serta metampiron/metamizole 500 mg. Dosisnya harus disesuaikan dengan resep dari dokter dengan maksimal 4 kaplet per hari.

Neurosanbe Plus dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan, namun akan lebih baik mengonsumsinya setelah makan agar tidak menyebabkan peningkatan asam lambung. 

Efek samping yang mungkin terjadi adalah mual dan muntah, diare, sakit perut dan sakit kepala, kelelahan, reaksi alergi pada kulit, seperti kemerahan, serta kegagalan sumsum tulang dalam membentuk granulosit.

Jika Anda memiliki kondisi seperti gangguan pada hati, gagal jantung, sedang menjalani cuci darah, gangguan penyerapan makanan, gangguan pada darah, seperti jumlah keping darah yang rendah (trombositopenia) dan kegagalan sumsum tulang untuk membentuk granulosit, segera diskusikan pada dokter agar obat yang diresepkan tepat. 

Pasien yang memiliki alergi terhadap komponen obat ini, Ibu hamil dan menyusui, penderita tekanan darah rendah dan kadar kalium rendah dalam darah juga tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini.

Neurosanbe 5000

Sama dengan dua lainnya, Neurosanbe 500 juga mengandung vitamin neurotropik untuk menjaga kesehatan saraf. Perbedaannya terlihat pada kandungan komposisinya, yaitu berisi vitamin B1 100 mg, vitamin B12 100 mg, vitamin B6 5000 mcg. Kadar vitamin B6 atau piridoksin obat ini lebih tinggi dibanding Neurosanbe biasa. 

Hal tersebut akan membuat Neurosanbe 5000 bekerja lebih efektif dalam mengatasi peradangan pada banyak saraf (polineuritis). Dosisnya pun hanya 1 tablet sekali sehari dan diminum setelah makan.

Obat ini termasuk dalam golongan obat bebas sehingga tidak perlu melampirkan resep dokter. Sementara itu, efek samping yang mungkin terjadi adalah gangguan pada pencernaan (mual, muntah, dan diare ringan), gangguan pada kulit (kemerahan, ruam, dan gatal-gatal), serta sakit kepala.

Jika Anda memiliki kondisi seperti Neuritis optik, yaituperadangan pada saraf mata, gangguan sumsum tulang, nyeri sendi karena asam urat yang tinggi, anemia megaloblastik (kekurangan zat besi atau asam folat), memiliki kadar kalium tubuh yang rendah, harus berdiskusi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsinya. Dan tidak disarankan pada penderita hipersensitif terhadap vitamin B.

Perbedaan varian Neurosanbe

Perbedaan ketiga varian Neurosanbe dapat dilihat secara visualisasi dari kemasan. Lalu manfaat dan golongan obatnya, Neurosanbe biasa dan Neurosanbe 5000 adalah obat bebas yang dikonsumsi sesuai dosis yang tertera pada kemasan, sementara Neurosanbe Plus adalah obat keras dengan resep dokter. 

Neurosanbe biasa dan Plus adalah film coated tablet yang memiliki lapisan obat lebih tebal, sementara Neurosanbe 5000 adalah sugar coated tablet yang lebih mudah ditelan. Namun, ketiganya harus ditelan secara utuh tidak boleh digerus, dikunyah, atau dibuka lapisannya.

Neurosanbe biasa dan 5000 cocok untuk Anda yang memiliki kekurangan vitamin B, untuk Neurosanbe Plus tak mengatasi kekurangan vitamin B tapi juga untuk meredakan nyeri. Ketiga obat ini mengandung piridoksin yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat levodopa.

Ketiga varian Neurosanbe memiliki kesamaan, yaitu kandungan vitamin neurotropik. Perbedaannya disesuaikan dengan kandungan dan manfaat. Anda dapat berkonsultasi lebih dahulu sebelum memilih menggunakannya terlebih untuk varian Plus. 

Dapatkan obat Neurosanbe asli hanya di Toko sehatq. Kunjungi tokonya sekarang melalui website atau aplikasi kesehatan keluarga sehatq. Download aplikasinya di App Store atau Play Store.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*