Penyebab Air Ketuban Sedikit dan Tanda-Tanda yang Harus Diperhatikan

Penyebab Air Ketuban Sedikit dan Tanda-Tanda yang Harus Diperhatikan

  • November 5, 2021

Air ketuban merupakan cairan dalam rahim yang berfungsi melindungi janin dan mendukung tumbuh kembangnya. Namun, jumlah air ketuban ternyata berpengaruh terhadap kondisi janin. Bumil perlu mewaspadai penyebab air ketuban. Air ketuban terdiri dari cairan tubuh ibu dan urin janin, dan mulai terbentuk pada minggu-minggu pertama setelah pembuahan.

Kadar air ketuban mencerminkan kondisi kesehatan bayi. Karena itu pemeriksaan jumlah air ketuban sangat penting. Jumlah air ketuban yang terlalu sedikit bisa menimbulkan komplikasi, dan dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab air ketuban sedikit

Berapa kadar air ketuban yang normal?

Saat seorang wanita hamil, dokter akan mengukur jumlah cairan ketuban dalam rahim dengan melakukan berbagai metode pengukuran seperti pengukuran kantong dalam atau evaluasi indeks cairan ketuban (AFI). Kadar air ketuban yang normal ditandai dengan beberapa indikator, seperti:

  • Terdapat kantong cairan sedalam 2-3 cm
  • Cairan setinggi 5 cm
  • Volume cairan ketuban ≥ 500 ml pada usia kehamilan 32-36 minggu

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan indikator di atas tidak terpenuhi, maka bisa dikatakan ibu memiliki cairan ketuban sedikit atau oligohidramnion. Kondisi ini merupakan hal yang jarang, hanya sekitar 8% ibu hamil dengan air ketuban sedikit dan 4 persennya memiliki kadar yang sangat sedikit. 

Apa saja yang menyebabkan air ketuban sedikit?

Dalam kebanyakan kasus, penyebab air ketuban sedikit tidak jelas atau terjadi secara tiba-tiba. Tapi ada beberapa hal yang dipercaya dapat menyebabkan air ketuban sedikit, diantaranya:

  • Masalah kesehatan ibu, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hipoksia kronis, preeklamsia, dan dehidrasi
  • Ibu mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Cacat bawaan, termasuk masalah perkembangan ginjal atau saluran kemih pada bayi yang menyebabkan produksi urin lebih rendah sehingga mengakibatkan cairan ketuban sedikit
  • Masalah pada plasenta ibu yang tidak mampu menyediakan cukup darah dan nutrisi untuk bayi
  • Solusio plasenta atau plasenta terlepas dari dinding rahim sebelum melahirkan
  • Ketuban pecah dini
  • Usia kehamilan sudah lebih dari 42 minggu

Tanda-tanda ibu memiliki air ketuban sedikit?

Kurangnya air ketuban bisa dipastikan melalui pemeriksaan, namun sebelum itu Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut sebagai tanda-tanda kurangnya kadar air ketuban dalam rahim:

  • Terdapat cairan bening yang keluar dari vagina
  • Gerakan bayi tiba-tiba melambat atau tidak bergerak
  • Tidak ada penambahan berat badan
  • Melalui hasil USG terdapat indikasi bayi tidak tumbuh dengan baik

Apakah anak akan lahir cacat jika air ketuban ibu sedikit?

Rendahnya kadar air ketuban bisa terjadi kapan saja selama kehamilan. Jika mendekati akhir tanggal persalinan dan tidak ditemukan penyebab apapun, maka itu bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Dokter juga tidak akan memberikan perawatan apapun, dan mungkin akan melakukan induksi. Namun pada beberapa kasus dapat meningkatkan kemungkinan operasi caesar.  

Komplikasi bisa lebih parah jika masalah ini terjadi pada tahap awal kehamilan. Bayi berisiko tinggi lahir prematur, lahir mati, keguguran, atau cacat lahir. Untuk mengatasi hal ini dokter akan merekomendasikan untuk memberikan infus atau minum lebih banyak air, disertai dengan pemantauan janin melalui ultrasound atau tes stres.     

Catatan

Rendahnya kadar air ketuban selama kehamilan merupakan kondisi serius. Ada beragam penyebab air ketuban sedikit, kebanyakan tidak memiliki penyebab dan sebagian lainnya karena faktor lain. Kondisi ini juga bisa terjadi kapan saja selama kehamilan, dan paling sering selama trimester akhir. 

Untungnya hal ini bisa diatasi dengan beberapa perawatan. Agar janin bisa berkembang sempurna, ibu harus memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan air ketuban sedikit. Jika ada kecurigaan, segeralah menemui dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*