Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Tepat Memandikan Bayi

  • November 11, 2021
Lactacyd Liquid Baby Skin Care 60 mL harga terbaik 27522

Memandikan bayi adalah hal yang menyenangkan bagi Ibu maupun anak. Meski begitu bukan berarti aktivitas ini bisa dilakukan asal dan sembarangan. Sembarangan memandikan bayi mampu mendatangkan berbagai masalah timbul mulai dari gangguan kesehatan hingga gangguan kulit pada bayi. Untuk itu, diperlukan pengetahuan agar memandikan tepat dan minim resiko. Bagaimana sebenarnya cara tepat mandikan bayi? Simak penjelasan berikut:

 1. Gunakan ember mandi khusus bayi

Untuk memandikan bayi, penggunaan ember mandi khusus bayi lebih direkomendasikan. Ember mandi khusus bayi memiliki kemiringan yang pas sehingga lebih mudah untuk memposisikan dan meletakkan tangan ketika memandikan bayi. Menggunakan ember mandi khusus bayi juga dapat mencegah bayi tergelincir saat dimandikan. Kemudian, ember mandi khusus bayi biasanya juga sudah memenuhi standar keselamatan sehingga lebih aman. 

2. Perhatikan suhu air

Air hangat dengan suhu sekitar 32 derajat celcius adalah suhu air yang pas untuk memandikan bayi. Air yang cenderung panas dapat membuat kulit pada bayi mengalami luka bakar. Pun terlalu dingin juga tidak baik untuk bayi karena bisa membuat bayi terkejut saat dimandikan. Untuk itu jaga suhu air agar tidak terlalu panas dan terlalu dingin sehingga pas di kulit bayi.

3. Jaga bayi tetap hangat

Saat mulai melepas baju bayi, jangan biarkan bayi terlalu lama tidak berpakaian. Segera mulai mandikan bayi dengan perlahan. Anda bisa mulai dengan memasukkan kaki terlebih dahulu kemudian pelan-pelan turunkan tubuhnya sampai terendah di bak mandi. 

4. Gunakan sabun khusus berPH netral

Memerhatikan pH pada sabun adalah hal yang cukup penting. Usahakan untuk pilih sabun yang berPH netral dan tanpa tambahan pewangi serta deterjen. Karena kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan terkena masalah kulit jika menggunakan produk yang sesuai, penting untuk memastikan sabun yang digunakan berPH netral agar kulit bayi tidak menimbulkan berbagai masalah setelah dimandikan.

5. Gunakan handuk atau waslap lembut 

Untuk mencuci bagian wajah bayi, Anda bisa menggunakan kain atau waslap lembut. Pastikan menggosok wajah bayi dengan lembut dan perlahan dan jangan menggosoknya hingga menarik kulit bayi. Kemudian hindari membilas wajah dengan air yang mengandung sabun ke dekat mata. 

6. Jadikan mandi sebagai salah satu waktu bermain dengan anak

Saat mandi, jadikan waktu mandi sebagai waktu ekstra untuk bermain air dengan buah hati. Semakin menyenangkan waktu mandinya, semakin bersemangat juga nanti kedepannya. Jangan jadikan mandi sebagai pengalaman buruk pada anak agar ia tetap rileks saat dimandikan. 

7. Keringkan dengan benar dan oleskan pelembab

Setelah selesai memandikan, segera kenakan handuk pada kepala serta tubuh bayi kemudian keringkan dengan perlahan. Pastikan seluruh tubuh kering dengan baik agar bayi tidak kedinginan. Setelah kering oleskan sedikit pelembab hipoalergenik yang juga bebas pewangi untuk mencegah munculnya kulit kering setelah mandi.

Sabun Lactacyd Baby Liquid Salah satu sabun yang dapat orangtua gunakan untuk memandikan bayi adalah Sabun Lactacyd Baby Liquid. Sabun Lactacyd Baby Liquid merupakan sabun mandi khusus bayi yang dapat membersihkan serta menjaga kesehatan kulit bayi. Di dalam sabun ini terdapat kandungan Lactoserum serta Lactic acid dari ekstra susu yang dapat terus menjaga kesehatan kulit bayi. Sabun ini juga sudah teruji secara klinis, hypoallergenic, serta memiliki pH yang sesuai dengan kulit bayi sehingga sangat aman digunakan pada bayi. Anda bisa menggunakan Sabun Lactacyd Baby Liquid secukupnya tiap kali memandikan bayi agar kulit bayi tetap bersih, serta sehat.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*