Jenis-Jenis Obat Penumbuh Rambut Botak Depan

Jenis-Jenis Obat Penumbuh Rambut Botak Depan

  • October 6, 2021

Normalnya, setiap hari seseorang akan mengalami kerontokan 50-100 helai per hari. Namun Sebagian orang dapat mengalami kerontokan rambut lebih dari biasanya. Kondisi kerontokan ini dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kebotakan, khususnya area depan rambut yang rentan mengalami penipisan. Untuk mengatasi kondisi ini dokter akan meresepkan obat penumbuh rambut botak depan. Ada beberapa jenis obat penumbuh rambut botak depan yang dapat Anda gunakan, namun tetap berdasarkan resep dokter. 

Siklus Pertumbuhan Rambut

Rambut di kulit kepala tumbuh sekitar 0,3 hingga 0,4 mm/ per hari atau sekitar 6 inci per tahun. Tidak seperti mamalia lain, manusia mengalami pertumbuhan dan kerontokan rambut manusia secara acak dan tidak musiman. Pada waktu tertentu, sejumlah rambut acak akan berada di salah satu dari tiga tahap pertumbuhan dan kerontokan yaitu anagen, katagen, dan telogen.

Anagen

Anagen adalah fase aktif rambut. Pada masa ini sel-sel akar rambut membelah dengan cepat, sehingga rambut baru terbentuk dan mendorong club hair (rambut berhenti tumbuh atau tidak lagi dalam fase anagen) ke atas folikel dan akhirnya keluar (rontok).

Selama fase anagen, rambut Anda tumbuh sekitar 1 cm setiap 28 hari dan terjadi selama dua hingga enam tahun. Namun beberapa orang mengalami kesulitan menumbuhkan rambut karena mereka memiliki fase pertumbuhan aktif yang pendek. Di sisi lain, orang dengan rambut yang sangat panjang memiliki fase pertumbuhan aktif dari kebanyakan orang. 

Katagen

Fase katagen adalah tahap transisi. Fase katagen dapat berlangsung sekitar 2-3 minggu. Pertumbuhan rambut Anda berhenti dan selubung akar luar akan menyusut kemudian menempel pada akar rambut. 

Telogen

Telogen adalah fase istirahat yang berlangsung sekitar 100 hari. Selama fase ini, folikel rambut benar-benar diam dan club hair Anda sepenuhnya terbentuk. Sekitar 25 hingga 100 rambut telogen rontok secara normal setiap hari.

Untuk mengatasi kondisi ini sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab utama dan kondisi medis yang mendasari kerontokan rambut. Dengan begitu, kerontokan rambut Anda dapat diatasi dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Obat Mengatasi Kerontokan

Minoxidil

Obat minoxidil dapat membantu menumbuhkan kembali rambut dan memperlambat laju kerontokan rambut. Minoxidil dapat digunakan sebagai obat terapi kombinasi yang digunakan dengan obat lain. Dokter biasanya meresepkan obat penghambat beta-adrenergik dan diuretik (pil air) untuk diminum bersama minoxidil. 

Minoxidil bekerja dengan merelaksasi dan memperbesar pembuluh darah kecil tertentu di tubuh Anda sehingga aliran darah lancar. Dengan begitu, dapat membantu mengurangi tekanan darah. 

Pemberian dosis minoxidil dipengaruhi oleh beberapa faktor, meliputi:

  • umur 
  • kondisi medis lain (riwayat kesehatan) 
  • tingkat keparahan kondisi kerontokan 

Untuk menumbuhkan rambut, Anda dapat menggunakan minoxidil topical dengan dosis: 

  • Dewasa: 1 ml ke kulit kepala, dua kali sehari.
  • Anak-anak: sesuai petunjuk dokter

Jika Anda melewatkan dosis minoxidil, gunakan sesegera mungkin. Namun, jika waktunya sudah mendekati dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat.

Finasterida (Propecia)

Obat ini dikonsumsi secara oral karena berbentuk pil. Obat ini biasanya diresepkan untuk pria yang mengalami kerontokan rambut yang parah. Obat ini bekerja dengan mengurangi enzim 5-alpha-reductase. Enzim ini menciptakan produk sampingan testosteron yang menjadi penyebab utama di balik kebotakan pola pria (dihydrotestosterone).

Dengan mengurangi kerja enzim 5-alpha-reductase maka kerontokan akan akan berkurang. Namun dibutuhkan beberapa waktu agar terlihat efeknya. Namun, tidak semua kasus kerontokan rambut dapat menggunakan obat ini. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan lanjut.

Spironolactone

Spironolakton (Aldactone) adalah jenis obat yang dikenal sebagai antagonis reseptor aldosteron. Obat ini sudah disetujui FDA (Food and Drugs Administration) untuk pengobatan retensi cairan yang disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk penyakit hati dan penyakit ginjal.

Spironolakton bekerja dengan memperlambat produksi androgen. Dengan berkurangnya produksi androgen dapat memperlambat kerontokan rambut yang disebabkan oleh alopecia androgenik. Dengan demikian dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Sebelum mengonsumsi spironolakton, beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui, atau memiliki riwayat medis tertentu seperti:

  • Gangguan hati
  • Masalah ginjal
  • Kadar kalium tinggi
  • Penyakit Addison
  • Ketidakseimbangan elektrolit.

Catatan

Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi medis yang Anda alami. Dengan begitu, dokter akan meresepkan obat yang sesuai dengan kondisi Anda untuk menghindari efek samping interaksi obat penumbuh rambut botak depan.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*