Kurangi Kekakuan Otot Ibu Hamil dengan Balsem Cap Lang, Ini Aturan Pakainya

  • September 24, 2021

Hampir semua orang pernah menggunakan balsem untuk tujuan yang beragam. Misalnya untuk meredakan nyeri di bagian tubuh, mengatasi mual, hingga mengatasi ketegangan otot. Salah satu merek yang sering digunakan adalah balsem Cap Lang.

Selain itu, ibu hamil juga menggunakan balsem untuk menghilangkan rasa mual yang dialaminya. Apakah balsem aman digunakan oleh ibu hamil? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan dalam Balsem

Balsem adalah produk yang diklaim bisa meredakan nyeri hingga ketegangan otot yang dengan mudah bisa ditemukan di pasaran. Balsem bertindak sebagai analgesik atau penahan rasa sakit. 

Di dalamnya terkandung bahan aktif dan tidak aktif. Berbeda merek, berbeda pula kandungan di dalamnya. 

Secara umum, berikut ini beberapa kandungan dalam balsem, yaitu:

  • Metil salisilat, sebagai analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit
  • Kamper, yaitu kandungan yang meningkatkan sirkulasi darah dan menghangatkan kulit
  • Mentol, kandungan yang membantu mengurangi peradangan dan memberi sensasi dingin di kulit

Amankah Ibu Hamil Menggunakan Balsem untuk Atasi Masuk Angin?

Berbagai bahan yang seringnya ada dalam balsem seperti kamper, akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Ini akan memberikan sensasi panas sehingga akan mengalihkan perhatian dari rasa sakit atau kekakuan yang dirasakan. 

Bahan kamper dan mentol ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke otot, sehingga bisa mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Sedangkan kandungan bahan aktif seperti metil salisilat merupakan analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri dan kekakuan otot yang dialami. 

Selama balsem digunakan dengan wajar, maka akan aman-aman saja dan tidak masalah. Penggunaan balsem pun aman bagi janin dalam kandungan tanpa merasakan sensasi panas.

Namun, balsem tidak terlalu disarankan untuk mengatasi rasa mual ketika masa kehamilan. Hal ini karena bahan pembuatan balsem belum teregistrasi sebagai obat medis. 

Jadi untuk mengatasi rasa mual, ibu hamil lebih baik menghindari bau menyengat, konsumsi buah dengan tinggi vitamin C, makan dalam porsi kecil tapi sering, rutin berolahraga, konsumsi air putih yang cukup, serta istirahat yang cukup.

Aturan Penggunaan Balsem untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sebaiknya mengoleskan balsem dengan memperhatikan berbagai aturan seperti:

  • Tidak mengoleskan balsem di kulit yang luka terbuka atau rusak
  • Tidak mengoleskan balsem satu jam sebelum atau 30 menit setelah mandi air panas, berendam air hangat, atau sauna
  • Tidak mengoleskan balsem di kulit yang sedang iritasi, memerah, meradang, pecah-pecah, atau kulit kering
  • Jangan mengoleskan balsem di selaput lendir, misalnya di mulut, vagina, lubang hidung, atau dubur
  • Tidak dioleskan pada luka terbakar
  • Tidak digunakan pada bagian telinga dalam
  • Jika sebelumnya belum pernah menggunakan balsem, ujilah terlebih dahulu di lengan bawah. Tunggu reaksi setelah penggunaan satu hari. Jika aman, barulah oleskan ke area yang lebih besar

Atau untuk memastikan tetap aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum menggunakan balsem.

Gunakan Balsem Cap Lang Aktiv

Balsem Cap Lang Aktiv memiliki khasiat yang dapat meredakan sakit kepala, pusing, nyeri punggung, mencegah masuk angin, hingga mengurangi gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Penggunaan balsem Cap Lang ini cukup mudah, cukup dengan mengoleskan di bagian yang membutuhkan, dipijat lembut agar kehangatannya meresap. Namun, hindari penggunaan di area-area yang sudah disebutkan di atas, seperti mata, kulit dengan luka bakar, bagian bawah hidung, dan sebagainya.

Balsem Cap Lang Aktiv mengandung berbagai kandungan seperti mentol, metil salisilat, eukaliptus, champora, dan minyak peppermint. Campuran berbagai bahan ini sudah disesuaikan sehingga menghasilkan sensasi hangat yang pas untuk mengatasi pegal dan kondisi lainnya.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*