infeksi saluran kemih

Jangan Sampai Terlambat Diobati, Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih Terlebih Dahulu

  • November 11, 2021

Infeksi saluran kemih merupakan suatu penyakit yang menyerang organ sistem kemih seperti misalkan ureter, uretra, ginjal, serta kandung kemih. Beberapa gejalanya bisa terlihat saat buang air kecil tetapi juga mengeluarkan darah. Bisa juga terlihat ketika seseorang sering mengalami buang air kecil meskipun sudah ke toilet setelah beberapa kali. 

Infeksi saluran kemih sering dialami oleh para wanita dikarenakan ukuran uretra yang terlalu pendek bila dibandingkan dengan pria. Beberapa penyebab infeksi saluran kemih sendiri perlu Anda tahu sebelum mengetahui apa saja yang harus dilakukan guna mengobatinya. 

1. Adanya Suatu Penyakit

Beberapa jenis penyakit juga menyebabkan infeksi saluran kemih. Misalkan saja batu ginjal, atau beberapa jenis penyakit prostat pada pria. Pada saat pembesaran prostat terjadi, maka saluran uretra pun menyempit. Perlu konsultasi dengan dokter agar Anda tahu apakah ada penyakit yang sedang bersarang di saluran kemih. 

2. Penggunaan Alat Kontrasepsi Diafragma

Mereka yang menggunakan alat kontrasepsi diafragma cenderung punya resiko yang sangat tinggi untuk mengalami infeksi saluran kemih ketimbang yang tidak. Di sisi lain, orang yang tidak pernah menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan badan cenderung punya kemungkinan merasakan infeksi saluran kemih. Minimal gunakanlah kondom saat berhubungan seksual. 

3. Kurang Memperhatikan Kebersihan Saat Melakukan Hubungan Seksual

Banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan ketika melakukan hubungan seksual. Inilah kenapa sebenarnya Anda perlu mengecek terlebih dahulu kondisi pasangan sebelum melakukannya. Pasalnya, bila pasangan punya riwayat gonta ganti saat berhubungan intim atau kurang menjaga kebersihan, bisa jadi Anda akan tertular infeksi saluran kemih. 

Pastikan juga untuk membersihkan alat kelamin sesaat dan sebelum berhubungan intim. Ini supaya bagian infeksi saluran kemih bisa Anda hindari. Caranya adalah dengan membersihkan bagian kelamin menggunakan tangan dan air putih hingga dirasa sudah agak keset. 

Selain itu, Anda juga perlu buang air kecil sesaat setelah hubungan intim selesai. Bakteri biasanya masuk bersamaan dengan penetrasi yang dilakukan oleh pria, membuat Anda perlu mengeluarkannya dengan cara buang air kecil. Meskipun begitu, segera setelah buang Air kecil Anda tetap perlu membersihkan alat kelamin menggunakan sabun khusus agar bakteri tidak berkembang biak. 

4. Kurangnya Air Putih

Kekurangan cairan juga jadi penyebab bagi seseorang mengalami infeksi saluran kemih. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka ginjal akan kehilangan cairan. Akhirnya, kuantitas buang air kecil menjadi lebih sedikit. Selain itu, warna urine menjadi lebih pekat. Minum sebanyak mungkin air putih untuk mengatasinya. Pastikan Anda minum setidaknya 8 gelas air putih perhari atau minimal 2 liter. 

5. Imun Tubuh yang Memburuk

Imunitas tubuh yang buruk juga jadi penyebab kenapa seseorang menderita infeksi saluran kemih. Ketika sistem imunitas terganggu, maka fungsi kerja dalam melawan patogen penyebab penyakit bisa berkurang. Akibatnya, Anda akan mudah terkena penyakit serius, misalkan saja infeksi saluran kemih. Perbaiki imunitas Anda dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis sayur dan buah. Selain itu, coba untuk olahraga secara teratur guna memperbaiki imun dan membuat tubuh jadi lebih segar. 

Imun tubuh erat kaitannya juga dengan stress. Ketika sedang depresi, seseorang akan mudah terserang penyakit karena imun tubuhnya melemah. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu bahagia agar infeksi saluran kemih tidak menyerang Anda. 

Ini dia lima penyebab kenapa infeksi saluran kemih bisa menyerang seseorang. Anda bisa mengantisipasi penyakit ini dengan menjadikan daftar penyebab ini sebagai acuan, mana yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan. 

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*