Apa itu Lactamam, Kegunaan, dan Aturan Pakainya?

  • November 12, 2021
Lactamam Kaplet  harga terbaik 41375

Memasuki masa menyusui, ibu harus mempersiapkan diri agar nantinya kualitas dan produksi ASI melimpah agar si kecil tak kelaparan. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan tertentu dapat membantu meningkatkan suplai ASI, tapi terkadang hasilnya tak memuaskan. 

Untuk melancarkan ASI, biasanya dokter juga akan menyarankan konsumsi suplemen seperti Lactamam. Lactamam merupakan suplemen khusus ibu menyusui untuk membantu melancarkan ASI yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Deskripsi Produk

Lactamam merupakan suplemen makanan berbentuk kaplet yang diformulasikan untuk membantu meningkatkan suplai ASI pada ibu menyusui. Lactamam terbuat dari ekstrak herbal alami yaitu daun katuk dan kelabat atau fenugreek yang telah bertahun-tahun digunakan secara tradisional untuk membuat ASI lebih banyak.    

Kandungan

Setiap 1 kaplet Lactamam mengandung ekstrak biji klabet/kelabat atau fenugreek sebesar 600 mg dan ekstrak daun katuk 100 mg.

Manfaat dan Kegunaan   

Baik daun katuk dan biji kelabat telah dikenal sejak lama dapat meningkatkan aliran ASI dan membuat ASI lebih berkualitas. Daun katuk (Sauropus androgynus) adalah tanaman herbal yang telah teruji secara klinis dapat meningkatkan produksi ASI dengan cara merangsang hormon prolaktin dan oksitosin pada wanita. Kedua hormon ini bertanggung jawab dalam memproduksi dan melancarkan aliran ASI. 

Mengonsumsi daun katuk yang lebih tua secara rutin selama 2-3 hari dapat meningkatkan suplai ASI hingga 50%. Hasil ini juga terlihat pada ibu menyusui yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan daun katuk, yang mengalami peningkatan suplai ASI hingga 70% dibandingkan ibu yang tidak mengonsumsi suplemen daun katuk. 

Sedangkan fenugreek atau biji klabet yang merupakan rempah-rempah khas India juga terbukti dapat meningkatkan suplai ASI. Fenugreek mengandung senyawa fitoestrogen, senyawa tanaman yang menyerupai estrogen, yang dapat melancarkan ASI sekaligus membantu memperbaiki jaringan payudara agar kembali kencang setelah menyusui. 

Daun katuk dan fenugreek juga kaya akan nutrisi sehingga dapat membantu mendukung berat badan sehat pada si kecil melalui nutrisi ASI.

Dosis dan Aturan Pakai

Lactamam bisa dikonsumsi tanpa resep dokter dengan dosis 2 sampai 3 kaplet sebanyak 3 kali sehari, sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Jangan konsumsi suplemen lebih dari dosis yang dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

Jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), memiliki kadar gula darah rendah (hipoglikemia), atau sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi Lactamam. Mereka yang mengonsumsi suplemen, herbal, atau obat-obatan lain juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena Lactamam dapat menghasilkan interaksi obat yang bisa mengurangi efektivitas obat atau meningkatkan efek samping obat.

Perlu diketahui bahwa Lactamam hanya diperuntukkan untuk ibu menyusui, bukan ibu hamil karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat memberikan efek negatif pada ibu hamil dan janin, salah satunya adalah kontraksi rahim dan persalinan prematur.

Adakah Efek Sampingnya?

Lactamam cenderung aman dikonsumsi oleh ibu menyusui karena terbuat dari bahan-bahan aman. Namun pada beberapa orang mungkin mengalami efek samping setelah mengonsumsi Lactamam. 

Efek samping bersifat ringan dan akan hilang dengan sendirinya, seperti sering buang air kecil, berkeringat lebih banyak, air seni berbau, penurunan nafsu makan, dan perut kembung. Beberapa orang juga akan mengalami reaksi alergi. Jika Anda mengalami efek samping yang membuat tidak nyaman atau alergi berat, sebaiknya hentikan penggunaan sesegera mungkin.

Catatan

Lactamam merupakan salah satu suplemen pelancar ASI yang direkomendasikan. Suplemen ini terbuat dari daun katuk dan biji klabet sehingga aman untuk dikonsumsi. Lactamam juga bisa dibeli tanpa resep dokter dan mudah ditemukan di apotek terdekat. 

Namun sebelum mengonsumsi Lactamam, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda memiliki suatu kondisi medis.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*