8 Bahan Alami Atasi Panu Tanpa Canesten Cream

  • October 15, 2021

Salah satu manfaat dari Canesten cream adalah dapat mengatasi panu pada kulit. Memamg mempunyai panu adalah hal yang sungguh menjengkelkan, dan bahkan menurunkan tingkat kepercayaan diri karena salah satu infeksi kulit ini bisa timbul di area-area yang terlihat.

Mengoleskan salep Canesten juga merupakan hal yang cukup praktis namun tidak jarang salep ini juga dapat menimbulkan efek samping pada pemakainya seperti alergi atau ruam pada kulit.

Apabila Anda sedang mengalami panu dan membutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi hal ini serta tanpa efek samping Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ternyata mudah didapatkan.

Nah, berikut adalah bahan-bahan alami tersebut!

1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau disebut juga dengan belimbing sayur merupakan tumbuhan tropis yang buahnya dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi panu.

Terdapat asam format, peroksida, kalsium oksalat, kalium nitrat, sulfur, glukosid, dan tanin yang berguna untuk melawan panu.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan kapur sirih ke dalam ramuan belimbing wuluh yang kemudian ditumbuk lalu dibalurkan ke kulit.

2. Jeruk nipis

Buah yang begitu asam rasanya ini tentunya sering Anda gunakan sebagai salah satu bahan makanan.

Namun ternyata jeruk nipis juga bisa menghilangkan panu karena mengandung vitamin C dan mineral yang sangat tepat untuk melawan infeksi kulit.

Untuk mendapatkan khasiatnya, peraslah jeruk nipis yang airnya Anda campurkan dengan belerang kemudian oleskan pada kulit 2-3 kali sehari sampai panu menghilang.

3. Kunyit

Anda tentu sudah tidak asing dengan bahan alami yang satu ini karena sering menggunakannya dalam meracik makanan.

Kunyit ternyata juga dapat mengatasi panu secara alami tanpa menggunakan Canesten cream. Ini karena kunyit mengandung zat antiperadangan dan antioksidan kurkumin untuk mencegah radikal bebas penyebab panu.

 Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan kunyit yang sudah diparut lalu diamkan selama 15 menit, dan bilaslah hingga bersih.

4. Lidah buaya

Tanaman yang identik dengan kesehatan rambut ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi panu karena zat antiperadangan dan antijamur yang dikandungnya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memanfaatkan gelnya untuk kemudian dioleskan pada kulit yang terinfeksi 2 kali sehari.

5. Yogurt

Siapa sangka jika yogurt yang merupakan salah satu produk fermentasi ternyata dapat juga digunakan untuk mengatasi panu.

Hal ini karena yogurt mengandung probiotik yang dapat membunuh jamur penyebab panu di kulit.

Cara menggunakan yogurt ini cukup mudah. Anda tinggal mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi lalu diamkan hingga kering, dan bilaslah dengan air sampai bersih.

6. Bawang putih

Pada salah satu bumbu dapur yang terkenal ini, kandungan zat anti-inflamasinya mampu mengatasi panu pada kulit.

Cara mendapatkan manfaatnya adalah dengan menggosokkan satu siung bawang putih ke area kulit yang infeksi sampai kulit memerah dan Anda merasa perih.

7. Lengkuas

Bahan dapur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi panu adalah lengkuas karena mengandung senyawa kursetin, amilum, dan flavonoid.

Cara mendapatkan manfaatnya adalah dengan menggosokkan lengkuas yang sudah dipotong ke area kulit yang terinfeksi, dan sudah dicampur garam hingga kulit memerah dan Anda merasa sakit.

8. Minyak kelapa

Terakhir, Anda bisa menggunakan minyak kelapa yang sering Anda gunakan untuk memasak atau untuk kesehatan rambut untuk mengatasi panu.

Cara mendapatkan manfaatnya adalah cukup oleskan secara merata minyak pada area kulit yang terinfeksi lalu biarkan hingga mengering, dan panu akan hilang tanpa harus mengoleskan Canesten cream.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*