4 Hal Penting untuk Memilih Sendok Bayi Terbaik

  • June 4, 2021

Sendok untuk bayi memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Namun untuk memilih sendok makan bayi terbaik untuk kenyamanan anak saat makan, ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan.

Sangat penting bagi Anda, terutama ibu baru, untuk memilih sendok makan yang benar dan baik. Banyak ibu baru yang kesulitan memilih peralatan makan untuk sang anak karena salam membeli bisa mengganggu proses makan dan membuat si buah hati tidak nyaman. 

sendok makan bayi

4 hal penting dalam membeli sendok bayi terbaik

Ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli sendok makan bayi Anda yang sudah mulai mengonsumsi makanan padat, antara lain:

1. Bentuk dan ukuran

Memilih bentuk sendok yang tepat sangat penting, misalnya jangan memilih kepala sendok yang terlalu lebar karena sulit untuk bisa digunakan bayi. Tak hanya itu, bayi juga bisa kesulitan memegang gagang sendok jika berukuran terlalu besar.

Untuk bayi yang baru saja menginjak usia pengenalan makanan padat selain ASI, pilihlah kepala sendok yang tidak terlalu melengkung dan nyaris datar sehingga mudah saat menyuapkan makanan dan tidak membuat bayi tersedak. Kemudian, pilih sendok dengan bentuk kepala yang bulat dengan pinggiran yang halus agar tidak berisiko menggores mulut bayi. 

2. Bahan

Hindari menggunakan sendok berbahan besi saat menyuapi bayi karena bisa menyakiti gusi mereka yang lembut. Sendok bayi terbaik menggunakan bahan yang bebas BPA sehingga 100 persen aman untuk bayi.

Kebanyakan sendok makan bayi terbuat dari silikon, plastik, atau karet. Gagang sendok bisa terbuat dari bahan yang sama atau dari besi, kayu, bambu, atau plastik yang lebih keras, tapi pilihlah bahan yang aman dan tahan-panas seperti silikon atau stainless steel.                     

3. Bagian gagang

Bagian gagang penting terutama saat sang bayi sudah mulai bisa menyuapi makanannya sendiri. Jika bagian gagang terlalu sulit untuk dipegang, proses makan akan menjadi masalah dan bisa jadi sang anak jadi tidak menyukai waktu-waktu makan.

Carilah bahan gagang sendok yang mudah digenggam oleh anak, contohnya berbahan silikon dan bentuknya sedikit melengkung dengan gagang yang tidak terlalu panjang. Bahan silikon atau bahan yang tidak licin akan mudah digenggam oleh bayi. 

4. Mudah dicuci

Cek apakah bahan sendok bayi yang akan anda pilih mudah untuk dicuci atau dibersihkan. Selain itu, pastikan seberapa tahan panas dan dingin dari sendok tersebut. 

Selain itu, jangan pilih sendok yang ujungnya mudah atau bisa dilepaskan. Karena sendok jenis ini berbahaya karena bisa tertelan oleh bayi jika tidak terpasang dengan baik dan kencang. 

Pilihlah sendok satu potongan dan tidak terpisah dengan ujung yang tidak tajam agar tidak melukai mulut dan gusi bayi. 

Apa yang harus dilakukan jika anak menolak sendok?

Bukan tidak mungkin anak Anda akan menolak kehadiran sendok, karena menurutnya benda tersebut masih asing. Hal tersebut normal terjadi pada tahap pengenalan makanan dari usia 6 hingga 11 bulan saat mereka mulai belajar makan sendiri. 

Bagaimana cara mengatasinya? Jika bayi Anda sudah mendekati usia 9 bulan, bersiaplah untuk membangun kebiasaan makan pada Anak dengan mengenalkan finger food dan cara menggunakan peralatan makan agar ia mendapatkan kalori dan nutrisi yang cukup. 

Tidak perlu menggunakan taktik tertentu untuk mengajak anak agar bisa makan, seperti contoh teknik ‘pesawat’ atau menggunakan gadget atau bahkan buku justru bisa membuat waktu makan bagi mereka seperti mimpi buruk atau menegangkan.

Percayakan pada anak Anda berapa banyak dan apa yang ingin ia makan. Meskipun tidak ada masalah dengan menyuapi, namun sebaiknya jangan sampai cara Anda menyuapi anak justru merusak waktu makan dengan mereka.

Memilih dan menggunakan sendok bayi terbaik sangat penting dalam waktu makan anak. Membangun waktu makan yang menyenangkan bagi Anak baik agar mereka tidak sering menolak makanan atau justru takut akan waktu makan.

Caruyy

E-mail : admin@abc-ubytovani.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*